Harga Borongan Pasang Turap Batu Kali


Pasang Turap Batu Kali –  Turap adalah susunan konstruksi material batu kali yang dibuat karena memiliki tujuan sebagai penahan pada tanah. Dengan adanya konstruksi bangunan ini maka dapat mencegah terjadinya longsor karena pergerakan tanah yang kurang stabil.



Kegunaannya memang hampir sama dengan talud, tetapi pengaplikasian turap sudah pasti berbeda. Dinding pada sebuah konstruksi turap memang akan selalu dilengkapi dengan penyangga. Hal ini karena dinding tersebut mempunyai diameter yang sangat tipis.

Bentuk konstruksi turap ini dibilang sangat sederhana sehingga saat melakukan pemasangan bisa dilakukan dengan mudah dan tidak memakan banyak waktu. Namun penting untuk diketahui bahwa konstruksi bangunan yang satu ini sangat tidak cocok jika digunakan di tanah perbukitan atau yang menanjak. Selain itu, juga kurang tepat jika digunakan pada lahan dengan kontur bebatuan.

Baca juga: Harga Dan Ukuran Aanstamping

Fungsi Turap Batu Batu Kali

Turap batu kali menjadi konstruksi dinding penyangga tanah yang paling umum digunakan. Turap sering digunakan untuk berbagai keperluan konstruksi bangunan, diantaranya:

  • Sebagai struktur penahan tanah dan penahan air
  • Sebagai konstruksi penahan tanah pada galian, baik yang bersifat sementara maupun permanen
  • Sistem penahan tanah yang curam atau berlereng yang dapat mencegah terjadinya kelongsoran

Jenis-Jenis Turap



Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memasang turap. Pemasangan yang dilakukan adalah berdasarkan dari tingginya permukaan air tanah, kualitas mutu tanah pondasi, dan juga keamanan yang diperlukan. Untuk konstruksinya, turap dapat dibedakan berdasarkan jenis dindingnya di bahwa ini:

  • Turap yang terdiri atas deretan tiang memanjang.
  • Turap yang berdiri secara tegak lurus menggunakan bantuan papan tur.
  • Turap yang dilakukan pengecoran di lokasi konstruksi bangunan serta mengarah di tembok bawah tanah.

Sedangkan jika dilihat dari jenis bahannya, turap terbagi dalam 3 jenis. Simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

  1. Turap jenis 1 adalah turap yang memiliki kemampuan dalam menahan tekanan tanah dengan cara memasang papan turap secara mendatar. Lalu ditempatkan di dua tiang tegak yang memiliki jarak simetris. Tahapan ini juga dapat mempengaruhi kisaran harga borongan pasang turap batu kali yang merupakan salah satu media pondasi.
  2. Turap jenis 2 adalah turap yang dibuat dari deretan tiang kayu, beton, dan juga baja. Namun yang paling sering digunakan adalah turap baja karena kelebihannya dengan sifat kerapatan air yang lebih lekat. Selain itu, juga mempunyai kekuatan yang cukup baik untuk pengerjaan galian dengan ukuran besar.
  3. Turap jenis 3 adalah turap beton yang telah dicor, sehingga seluruh tahapan dalam pembangunan bisa terkunci. Hal ini karena dinding sudah rapat dan tidak perlu dilakukan pembongkaran ulang.

Baca juga: Harga Batu Kali Belah Gunung

Tips Cara Menggunakan Turap Batu Kali Sebagai Konstruksi Bangunan

Turap batu kali sering digunakan sebagai sarana pondasi setelah dilakukan pemeriksaan tentang topografi wilayah beserta geologinya, sampai singgungannya dengan bangunan lain yang berada di sekeliling lokasi konstruksi.



Leave a Reply