Jenis Jenis Kategori Beton Dan Kegunaannya


Beton seringkali dipasang pada struktur bentang lebar seperti pelat lantai, kolom bangunan, jembatan, jalan dan lain sebagainya.



Baca juga: Perkiraan Biaya Pembuatan Tangga Beton

  1. Beton Pra-Tegang

Pembuatan beton pra-tegang pada dasarnya hampir sama dengan beton bertulang. Perbedannya hanya ada pada tulangan baja yang akan dimasukkan ke beton karena harus ditegangkan lebih dahulu.

Hal tersebut bertujuan supaya beton tidak menjadi retak meskipun menahan beban lenturan yang besar. Penggunaan beton pra-tegang banyak diaplikasikan sebagai penyangga struktur bangunan bentang lebar.

  1. Beton Pra-Cetak

Beton pra-cetak merupakan beton yang sengaja dicetak di luar area pengerjaan proyek pembangunan. Tujuannya dibuat diluar proyek pembangunan supaya memiliki kualitas yang lebih baik. Pemilihan jenis beton yang satu ini seringkali dikarenakan lokasi proyek yang sempit dan tidak adanya tenaga kerja kerja yang tersedia.

Baca juga: Analisa Pekerjaan Beton Mutu K175

  1. Beton Massa

Beton massa adalah beton yang dibuat dalam jumlah banyak.  Kebutuhan penuangan ini lebih banyak jika dibandingkan dengan lainnya. Bahkan perbandingan antara volume dan luas permukannya bisa dibilang sangat tinggi.

Dimensi ukuran beton massa juga sangat tinggi, bahkan lebih dari 60 cm. Jenis beton yang satu ini banyak diaplikasikan dalam pembuatan pondasi besar, pilar bangunan dan bendungan.



  1. Beton Siklap

Beton siklap adalah beton membutuhkan agregat sangat tinggi sebagai bahan pengisinya. Ukuran penampang agregat tersebut mulai dari 15 sampai 20 cm. Bahan ini nantinya ditambahkan dalam adukan beton normal sehingga mampu meningkatkan kekuatannya.

  1. Beton Serat

Beton serat dibuat dengan menambahkan serat-serat yang tertentu pada adukan beton. Beberapa contoh serat yang biasa digunakan adalah asbestos, kawat baja, plastik, sampai tumbuh-tumbuhannya. Tujuan penambahan serat adalah untuk menaikkan daktailitas pada beton sehingga tidak akan mudah retak.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Besi Sloof Kolom

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang jenis-jenis beton berdasarkan kegunaannya. Semoga bermanfat !





Leave a Reply