×

Cara Membuat Bubungan Atap Di Sketchup

Gording merupakan balok kayu yang berada tepat di atas kuda-kuda. Konstruksi bangunan yang satu ini memiliki fungsi sebagai penyangga atau dudukan kasau. Gording juga bisa digunakan sebagai penghubung antar kuda-kuda. Keberadaan suatu gording memang sangat dibutuhkan pada kuda-kuda yang memiliki tinggi lebih dari 2 meter.

Gording kayu mempunyai dimensi: panjang maksimal 4 m, tinggi�� 12 cm dengan lebar 10 cm. Jarak antara satu gording dengan gording lainnya kurang lebih mencapai 1,5 sampai dengan 2,5 meter



  1. Usuk atau Kasau

Kasau merupakan balok kayu yang ditempatkan secara melintang pada bagian atas gording. Kasau memiliki fungsi untuk membuat teritisan atau atap lebih. Pada umumnya kasau ini memiliki bentuk seperti balok panjang yang kan disimpan pada balok dinding sampai ke luar bagian dinding.

Kasau dibuat dari bahan dasar kayu yang memiliki ukuran 5/7 cm dengan panjang paling maksimal 4 m. Biasanya dipasang dengan jarak sekitar 40 sampai dengan 50 cm antara satu kasau dengan lainya pada arah yang tegak lurus dengan gording.

Kasau biasanya akan terhubung dengan gording dengan menggunakan paku. Pada beberapa kondisi yang tertentu kasau harus dilakukan pengeboran dahulu sebelum dipaku. Hal ini bertujuan untuk menghindari pecah pada bagian ujung-ujung kasau.

  1. Reng

reng

Pada bagian atas kasau ada sebuah kayu yang terletak secara melintang, kayu tersebut dinamakan dengan reng. Reng sendiri merupakan batang kayu yang memiliki ukuran 2/3 cm atau 3/5 cm dengan panjang kurang lebih 3 m.

Reng memiliki fungsi utama untuk mengaitkan dan menahan penutup atap rumah, seperti misalnya genteng metal pasir atau penutup atap yang lainnya.



Leave a Comment