×

Cara Menghitung Luas Atap Limas Dan Pelana

Material beton sendiri memiliki sifat utama yang kurang mampu dalam menyerap panas sehingga sangat beresiko untuk membuat ruang dibawahnya terasa sangat panas. Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan  ruang untuk sirkulasi udara diantara atap dengan plafon sekitar 30 sampai 50 cm.

  1. Atap Limas (Perisai)

Atap Limas (Perisai)



Atap berbentuk limas memiliki 4 bidang atap, dua bidang bertemu pada sebuah garis bubungan jurai dan dua bidang akan bertemu pada sebuah garis bubungan atas atau pada nook. Apabila diperhatikan dengan jelas akan ada dua bidang yang memiliki bentuk trapesium dan ada juga dua bidang yang memiliki bentuk segitiga.

Bentuk atap yang satu ini merupakan penyempurnaan dari bentuk atap pelana, yang terdiri dari dua bidang miring pada masing-masing sisinya, dan akan terbentuk dari dua bidang segitiga serta dua bidang trapesium. Dua bidang atapnya memiliki bentuk segitiga dengan kemiringan yang umumnya sama. Sudut yang digunakan pada atap perisai kurang lebih sekitar 30 derajat sampai 40 derajat.

Keuntungan yang didapatkan jika menggunakan atap ini adalah semua dinding luar akan terlindungi dari panas cahaya matahari dari juga air hujan. Hal ini karena atap perisai memiliki bentuk yang miring pada masing-masing sisi, dan arah angin yang menerpa rumah akan dibelokkan ke atas sehingga mampu mengurangi resiko kerusakan struktur dan kebocoran yang berupa rembesan air, namun untuk struktur dan konstruksinya jauh lebih kompleks, sangat dibutuhkan perencanaan dan perhitungan yang sangat teliti.

Baca juga: Cara Membuat Gambar Atap Di Sketchup

Menghitung Luas Atap Limas dan Pelana

Menghitung Luas Atap Limas dan Pelana

Menghitung luas atap rumah yang memiliki bentuk limas tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Terlebih jika bentuk limas pada suatu rumah dikreasikan dengan bentuk limas yang memiliki ukuran tidak sama atau bahkan beda dengan bentuk atap yang lainnya.

Ini karena dalam ilmu konstruksi semua dibutuhkan konsep secara matang. Maka dari itu, berikut ini kami akan memberikan rumus bagaimana cara menghitungnya lengkap beserta contohnya.

Rumus:

Menghitung Luas Atap Limas dan Pelana



Leave a Comment