Perkiraan Biaya Pembuatan Tangga Beton


Perkiraan Biaya Pembuatan Tangga Beton – Pada bangunan rumah yang bertingkat, biasanya dibutuhkan konstruksi tangga sebagai penghubung antara lantai satu dengan lantai yang lainnya. Maka dari itu, dalam pembuatan konstruksi tangga harus hati-hati dan secara teliti supaya lebih kuat, kokoh, dan tahan lama.

Sekarang ini sudah ada banyak sekali jenis tangga yang biasa digunakan pada bangunan rumah bertingkat, salah satunya adalah tangga beton bertulang. Konstruksi bangunan yang satu ini pastinya mempunyai banyak keunggulan seperti kuat dan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.



Saat membuat tangga beton untuk diaplikasikan di bangunan rumah bertingkat, tentunya Anda harus membuat RAB (Rencana Anggaran Biaya) terlebih dahulu. Biaya yang diperlukan dalam pembuatan tangga beton cor bertulang umumnya meliputi biaya pembelian material, dan juga ongkos para tukang baik itu sistem harian maupun borongan.

Bagi Anda yang tertarik untuk membuat tangga beton bertulang dengan sistem borongan, maka penting sekali untuk mengetahui kisaran biayannya. Maka dari itu, kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai harga borongan membuat tangga beton beserta perhitungannya.

Baca juga: Harga Railing Tangga Minimalis

Keunggulan Tangga Beton

Tangga beton memang memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan material yang lainnya seperti tangga kayu ataupun tangga besi. Adapun keunggulan-keunggulan yang ditawarkan oleh tangga beton adalah sebagai berikut:

  • Awet dan tidak mudah aus, sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama dan bahkan bisa hingga puluhan tahun.
  • Biaya yang dikeluarkan untuk perawatan juga cukup terjangkau.
  • Beton sendiri sangat mudah untuk diangkut ataupun dicetak, sehingga akan memudahkan dalam melakukan pemasangan serta pengecoran.
  • Mempunyai kekuatan daya tekan tinggi, sehingga dapat dipastikan akan selalu aman bagi semua penghuni rumah.
  • Ukuran untuk tangga beton bisa dibilang lebih kecil daripada beton tak bertulang dan pasangan batu yang sering digunakan dalam pembuatan tangga.

Baca juga: Ciri Ciri Konsep Desain Ecletic

Kelemahan Tangga Beton

Meskipun mempunyai banyak kelebihan, tetapi bukan berarti konstruksi tangga beton ini tidak mempunyai kelemahan. Berikut ini adalah beberapa kelemahan dari tangga beton yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan:

  • Membutuhkan waktu yang cukup lama saat melakukan proses pengecoran.
  • Harus menunggu lama sampai cor beton benar-benar menjadi kering.
  • Memiliki bobot yang terbilang sangat berat dan kurang elastis.

Teknik Pengecoran Beton pada Bidang Miring

Sebelum membahas lebih jauh, kami juga akan menjelaskan bagaimana teknik pengecoran beton pada bidang miring, yaitu:

  1. Perhatikan masalah kualitas dari bahan adukan yang bertujuan untuk pencegahan segregasi. Adukan tidak bisa sempurna jika terlalu basah ataupun terlalu kering.
  2. Pengecoran bisa dimulai dari bidang yang ada di tengah supaya nantinya tidak ada bahan yang terbuang.
  3. Beton baru bisa dituangkan langsung pada dasaran yang telah mengeras supaya lebih mudah untuk diratakan.
  4. Apabila penuangan dilakukan secara vertikal, penting untuk memperhatikan jarak dengan ketinggian kurang lebih 2 ingerir. Tujuannya tak lain supaya tidak ada udara yang terperangkap.
  5. Pengecoran harus dilakukan mulai dari titik paling rendah menuju atas ruang.

Tips dalam Pengecoran Tangga Beton

Pembuatan tangga beton sebenarnya tidak begitu sulit untuk dilakukan. Hanya saja ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum mengecor beton untuk tangga, diantaranya:

  1. Melakukan pengecekan pada rangkaian besi yang sudah dirakit, pastikan bahwa rangkaian besi tersebut benar-benar kokoh supaya mampu membendung bobot coro yang ingin dituang di bagian atasnya.
  2. Sebelum memulai pengecoran, semua kawat dan material yang tidak terpakai harus diamankan terlebih dahulu.
  3. Detail masalah harga borongan tangga beton per meter kubik bukan menjadi masalah jika pihak dari kontraktor juga memperhatikan bekisting dan steger supaya mampu untuk menerima muatan cor yang ingin dituang.
  4. Lakukan pengecekan kembali pada jarak treger dan lokasi penempatan beban cor. Jika Anda menggunakan material kayu ataupun bambu, sebaiknya harus diplat diagonal lalu dipaku supaya tidak goyang.
  5. Memperhatikan alas untuk tanah penopang steger. Apabila mengalami penurunan, maka dapat dipastikan bahwa cor tangga tidak akan bisa kokoh dan justru menyusut secara perlahan. Bahkan lebih parahnya lagi bisa menyebabkan terjadinya keretakan. Oleh karena itu, untuk menghindari kemungkinan buruk tersebut maka Anda bisa langsung memasukkan potong papan atau kayu sesuai dengan dasaran tangga. Fungsinya tak lain adalah sebagai penyangga tambahan.
  6. Apabila barang dan material beton sudah siap, maka bisa langsung dilakukan pengecoran tangga yang sesuai dengan rancangan awal. Apabila Anda mengalami kesulitan ataupun kendala, pihak kontraktor akan langsung mengonfirmasikan kepada Anda dan memberikan laporan progres setiap harinya.

Baca juga: Konstruksi Baja Rumah 2 Lantai

Sistem Perhitungan Pengecoran Bidang Miring

Pertimbangan masalah harga borongan pembuatan tangga beton meliputi semua perhitungan material beserta lokasi pembuatannya. Kalkulasi ini biasanya sudah diberikan kepada pemilik saat melakukan analisis pada lokasi bangunan, tinggi bangunan, dan juga tingkat kemiringan yang aman untuk digunakan dalam pembangunan tangga beton.

Perhitungan dalam pembuatan tangga beton dimulai dari ukuran ruangan yang ingin digunakan. Sebagai contoh, 10 meter x 16 meter ruang dalam rumah dapat menggunakan ketebalan plat 12 cm.

Beton readymix umumnya akan dihitung dalam satuan kubik, lalu disingkronkan dengan plat lantai yang diperlukan. Keakuratan dalam melakukan perhitungan dapat mempengaruhi biaya yang harus dikeluarkan untuk harga borongan pembuatan beton.

Volume plat lantai bangunan = 10 meter x 16 meter x 0,15 meter = 24 meter kubik. Angka tersebut dapat disesuikan dengan lokasi bangunan yang Anda miliki. Jika perhitungan volume plat lantai sudah dilakukan, ada juga perhitungan keamanan yang penting dilakukan. Hal ini bertujuan sebagai cadangan jika misalnya ada kondisi yang tak terduga seperti salah dalam melakukan perhitungan, tumpah, dan lain sebagainya.

Contoh angka keamanan yang akan kita buat adalah 2,5 Percent x 24 m3 = 0,6 meter kubik, maka jumlah rancangan volume readymix yang dibutuhkan adalah sekitar 24,60 m3. Namun bisa dibulatkan kembali menjadi 25 meter kubik.

Asumsi jika sebuah truk molen dapat mengangkut 5 sampai 7 kubik, maka total bahan yang perlu dipesan adalah 5 truk. Perhitungannya yaitu, 25 meter kubik dibagi dengan 5.  Sesuai dengan perhitungan tersebut, apabila diasumsikan harga beton cor readymix mencapai sekitar Rp 1 juta per meter kubik. Sehingga untuk estimasi biayanya yaitu sekitar Rp 5 juta sampai dengan Rp 6 juta.

Baca juga: Perhitungan Biaya Borongan Rumah 2 Lantai

Perhitungan Tangga Lebih Detail

Analisis Tangga

Analisis tangga adalah upaya teknis untuk mendapatkan alternatif dimensi elemen tangga dengan cara membandingkan antara dimensi dilapangan dengan parameter perencanaan yang berlaku.

Ruangan Yang Dipakai

Panjang     : 500 cm

Lebar        : 160 cm

Tinggi lantai Split 1 B – Mezzanine  : 420cm

Tinggi bordes      : 220 cm

Perhitungan Dimensi Tangga

Tinggi (Optride) (a)      : 170 mm

Jumlah (Optride)         : 11 buah

Lebar (Antrede)(b)      : 300 mm

Syarat ideal 2a + b      = 600 s/d 650mm

(2. 170) + 300    = 640 mm.

Dari perhitungan diatas tangga dikategorikan memenuhu syarat.

Dalam analisis dipakai dimensi:

Tinggi (Optride) (a)      : 170 mm (asumsi)



Leave a Reply