Iklan
Iklan

Jawaban:

1. Baterai

Komponen nomor 1 pada gambar merupakan baterai. Fungsi baterai sebagai sumber arus listrik.

2. Lampu Reflektor

Komponen nomor 2 pada gambar merupakan lampu reflektor. Fungsinya Mengumpulkan cahaya sehingga cahaya lampu senter tampak lebih terang.

3. Lempeng logam

Komponen senter nomor 3 pada gambar merupakan lempeng logam. Fungsinya sebagai penghantar arus listrik dari baterai ke lampu bohlam.

4. Sakelar on-off atau Switch

Fungsinya menghubungkan antara kawat pada terminal baterai dengan kawat dari dasar bohlam.

  • briliantbasmalah
    maksi

Iklan
Iklan

Jawaban:

BATERAI

Baterai merupakan sumber energi senter. Baterai menjadi sumber energi dengan menyuplai senter dengan listrik satu arah (DC). Energi listrik dari baterai kemudian diubah menjadi energi cahaya oleh komponen senter lainnya.

SAKLAR

Dilansir dari All About Circuits, saklar atau switch adalah komponen yang digunakan untuk memutus aliran elektron dalam suatu rangkaian. Saklar terhubung dengan baterai dengan konduktor kawat logam berupa kabel Saat saklar senter dinyalakan (dipijit, digeser, mapun dipencet) maka rangkaian listrik akan terhubung dan elektron akan mengalir ke lampu.

Adapun saat saklar dimatikan, aliran listrik dari baterai akan terputus. Hal tersebut menyebabkan lampu tidak bisa menyala dan cahaya senter akan mati seketika.

LAMPU

Senter bisa menggunakan lampu biasa maupun lampu LED. Pada lampu biasa, ketika listrik dari baterai mengalir maka filament dalam lampu akan memanas. Pemanasan itu menghasilkan cahaya tampak yang berpijar.

Adapun senter dengan lampu LED memiliki prinsip konversi energi listrik ke cahaya yang sedikit berbeda. Berdasarkan situs How Stuff Works, arus listrik yang masuk akan melewati microship yang kemudian menghasilkan cahaya tampak karena sifat semikonduktor microchip tersebut.

REFLEKTOR

Reflektor adalah lorong berlapis bahan yang memantulkan cahaya. Reflektor menghubungkan lampu senter dengan bagian kepala senter dan lensa senter.

Reflektor berfungsi mengumpulkan sinar dari lampu yang menyebar ke segala arah. Lalu mengarahkannya ke satu arah, yaitu keluar dari bagian kepala senter. Reflektor membuat cahaya lampu menjadi terarah dan menciptakan cahaya senter yang stabil.

BEZEL

Bezel merupakan bagian depan kepala senter dan juga tempat melekatnya lensa senter. Bezel dan senter, keduanya berfungsi untuk melindungi lampu dan bagian dalam senter dari lingkungan luar.

Lensa juga berfungsi memusatkan cahaya yang sebelumnya telah diarahkan reflektor, sehingga cahaya senter lurus ke depan dan tidak berhamburan.

Iklan
Iklan