Iklan
Iklan

Jawaban:

Kelebihan rangkaian listrik paralel nyala lampu lebih terang, tetapi kekurangannya adalah menggunakan banyak kabel.

Kelebihan rangkaian seri adalah memakai lebih sedikit kabel daripada rangkaian paralel, tetapi kekurangannya adalah nyala lampu lebih redup.

Penjelasan:

Maaf klo salah

Iklan
Iklan

Berikut kelebihan rangkaian seri dan paralel:

A. Kelebihan Rangkaian Seri

  • Lebih mudah dirangkai
  • Hemat kabel
  • Tidak menghabiskan banyak tempat

B. Kelebihan Rangkaian Paralel

  • Nyala lampu lebih terang
  • Hemat daya listrik
  • Jika satu lampu mati lampu lainnya belum tentu akan ikut mati

Pembahasan:

Apa yang dimaksud rangkaian listrik? Rangkaian listrik merupakan sebuah rangkaian yang memuat sumber energi listrik dan alat listrik yang dihubungkan dengan kabel untuk menyalurkan arus listrik dari sumber energi listrik menuju alat listrik agar alat tersebut menyala dan bisa digunakan. Bagaimana prinsip kerja rangkaian listrik? Prinsip rangkaian listrik yaitu arus listrik mengalir melalui penghantar (kabel) dari kutub positif (+) ke kutub negatif (-) yang ada pada sumber energi listrik.

Pada dasarnya rangkaian listrik berdasarkan mengalir atau tidaknya arus listrik dibedakan menjadi 2 (dua), yaitu:

  1. Rangkaian terbuka. Rangkaian ini arus listrik tidak dapat mengalir
  2. Rangkaian tertutup. Rangkaian listrik ini arus listrik dapat mengalir  

Sakelar adalah komponen yang bertugas untuk menghubungkan dan memutuskan arus listrik, berarti kedua rangkaian tersebut bergantung pada sakelar.

Selain itu, rangkaian listrik berdasarkan jenis cabangnya dibedakan menjadi 3 (tiga), yaitu:  

1. Rangkaian Seri

Rangkaian seri adalah rangkaian listrik yang dipasang berurutan dengan tanpa adanya percabangan, contoh penggunaan rangkaian seri adalah rangkaian listrik pada senter. Ciri-cirinya adalah:

  • Nyala lampu redup, karena tegangan listrik pada sumber energi listrik harus dibagi untuk semua lampu pada rangkaian tersebut.  
  • Bila salah satu lampu mati maka lampu yang lain akan ikut mati juga.

2. Rangkaian Paralel

Rangkaian paralel adalah rangkaian listrik yang disusun secara sejajar dengan percabangan di antara dua kutub sumber energi listrik, contoh penggunaannya adalah rangkaian listrik pada lampu lalu lintas. Berikut ciri-cirinya:

  • Nyala lampu sama terang, karena seluruh lampu menerima tegangan listrik yang sama besar dengan tegangan listrik pada sumber energi listriknya.  
  • Bila salah satu lampu mati belum tentu lampu lainnya juga mati

3. Rangkaian Campuran

Rangkaian campuran adalah rangkaian listrik hasil dari perpaduan 2 (dua) jenis rangkaian listrik, yaitu rangkaian seri dan rangkaian paralel.

Kelebihan rangkaian seri dan paralel adalah sebagai berikut:

A. Kelebihan Rangkaian Seri

  • Lebih mudah dirangkai. Hal ini karena disusun secara berurutan
  • Hemat kabel. Karena tidak memiliki percabangan dan hanya disusun secara satu garis kabel.
  • Tidak menghabiskan banyak tempat. Rangkaian seri membutuhkan sedikit ruang untuk peralatan listrik.

B. Kelebihan Rangkaian Paralel

  • Nyala lampu lebih terang. Ini dikarenakan arus listrik yang mengalir tegangannya sama besar pada masing-masing percabangan.
  • Hemat daya listrik. Kelebihan ini dikarenakan hambatannya yang kecil.
  • Jika satu lampu mati lampu lainnya belum tentu akan ikut mati. Karena arus listrik kemungkinan masih bisa kembali dari kutub positif (+) sumber energi listrik ke kutub negatif (-) sumber energi listrik juga disebabkan oleh percabangan itu sendiri.

Adapun kekurangannya, berikut kekurangan rangkaian seri dan paralel:

A. Kekurangan Rangkaian Seri

  • Nyala lampu lebih redup. Pada rangkaian seri arus listrik yang mengalir semakin mengecil karena harus melewati hambatan berikutnya.
  • Boros daya listrik. Hal ini dikarenakan hambatan yang dimilikinya jauh lebih besar.
  • Jika satu lampu mati otomatis lampu lainnya ikut mati. Karena aliran arus listrik mengalir pada kabel yang sama sehingga arus listrik tidak bisa kembali dari kutub positif (+) sumber energi listrik ke kutub negatif (-) sumber energi listrik.

B. Kekurangan Rangkaian Paralel

  • Rumit untuk merangkainya. Hal ini disebabkan oleh pemasangan kabel yang percabangan.
  • Boros kabel. Karena terdiri dari beberapa percabangan.
  • Menghabiskan banyak tempat. Rangkaian paralel memiliki banyak percabangan, jadi ruang tempat yang dibutuhkan lebih banyak.

Pelajari Lebih Lanjut:

  • Menentukan apakah ada lampu yang mati atau ada lampu yang ikut mati jika salah satu lampu mati pada rangkaian listrik paralel: brainly.co.id/tugas/45186756

Detail Jawaban:

Mata pelajaran : Fisika  

Kelas : 8 (Ⅷ) SMP  

Materi : Bab 8 - Listrik  

Kode mata pelajaran : 6  

Kode kategorisasi : 8.6.8  

Kata kunci : Kelebihan rangkaian seri dan paralel

  • fidagayu123
    kasihan yang like 1 :v
Iklan
Iklan

Pertanyaan baru di Fisika

help mee pleaseeeeekakak yang baik hati tolong donggg11 sampai 13 dengan cara!!​
Peristiwa berikut yang merupakangerak lurus berubah beraturandiperlambat adalah ....a. buab kelapa jatuh dari pohonnyab. gerak bola yang dilempar Wahy … uc. gerak sepeda Esti ketika menurunijaland.gerak mobil Pak Hadi ketika diremdi jalan tol​
bagaimana cara menghitung mikrometer sekrup ​
bagaimana cara menghitung mikrometer sekrup ​
carilah 3 benda peralatan elektronik yang berbeda daya nya alat tersebut di pake selama 5 menit hitunglah energi listrik yang terpake​ minta tolong ma … u di kumpulin sekarang
No 9 Peristiwa Seekor kuda berlari dengan kecepatan konstan sambil membawa sebuah paket di punggungnya. Secara tiba-tiba kambing tersebut berhenti seh … ingga terlempar ke depan, hukum Newton berapa dan alasannya apa ​
kesimpulan prinsip tuas adalah................................................................... ​
dibawah ini adalah grafik kecepatan terhadap waktu untuk benda p dan q yang bergerak sepanjang garis lurus.jika p dan q bergerak mulai posisi yang sam … a maka....​
SOAL LATIHAN LISTRIK STATIS 1. Dua buah muatan listrik masing-masing sebesar 15 x 10-4 C dan 24 x 10-6 C terpisah pada jarak 20 mm. jika K = 9 x 10⁹ t … entukan besar gaya listrik antara kedua muatan tersebut! 2. Hitunglah besar gaya listrik antara dua buah muatan listrik yang terpisah pada suatu jarak tertentu, apabila kedua muatan diperbesar 2 kali dan jarak kedua muatan listrik diubah menjadi setengah jarak semula. Sekian.​
1.000.00 mm : ... dm​